Berapa Jarak yang Aman dalam Social Distancing untuk Cegah Corona?

thumbnail

Social distancing–yang kemudian diganti dengan istilah physical distancing adalah salah satu upaya untuk mengurangi penyebaran virus Corona COVID-19 dengan menjaga jarak antara satu orang dengan yang lain.

Spesialis penyakit menular Steven Gordon, MD dari Cleveland Clinic menjelaskan, social distancing adalah upaya menghindari hadir di pertemuan besar atau kerumunan orang. Jika Anda harus berada di sekitar orang, jaga jarak dengan orang lain sekitar 6 kaki (2 meter).

Berapa jarak yang aman antara satu orang dengan orang yang lain dalam Social Distancing?

Menurut WHO, ada baiknya untuk mempertahankan jarak setidaknya 1-3 meter ketika berada di tempat umum terlebih jika ada seseorang yang batuk atau bersin.

Dengan melakukan hal tersebut, diyakini dapat mencegah diri dari terjangkit virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut. Pasalnya, virus tersebut telah terbukti mudah menular saat gejala masih ringan yakni di masa inkubasi.

Walaupun mungkin mengecewakan mendengar bahwa begitu banyak acara olahraga, festival, dan pertemuan lainnya dibatalkan, ada alasan kesehatan masyarakat untuk tindakan ini. Pembatalan ini membantu menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit yang memungkinkan sistem perawatan kesehatan untuk lebih siap merawat pasien dari waktu ke waktu.

Membatalkan acara yang cenderung menarik perhatian banyak orang adalah contoh social distance. Social distance sengaja meningkatkan ruang fisik antara orang-orang untuk menghindari penyebaran penyakit.

Cara Menghindari Kerumunan saat Social Distancing

Contoh lain dari social distance yang memungkinkan Anda untuk menghindari kerumunan yang lebih besar atau ruang ramai adalah, sebagai berikut, seperti direkomendasikan Johns Hopkins Medicine:

1. Bekerja dari rumah alih-alih di kantor
2. Menutup sekolah atau beralih ke kelas online
3. Bertemu orang lain dengan telepon atau video call alih-alih secara langsung
4. Membatalkan atau menunda konferensi dan rapat besar

Selama melakukan social distance, ada baiknya tetap bekerja sama dengan pihak berwenang. Selama virus corona COVID-19 ini menyebar, Anda mungkin takut dan panik. Ketakutan itu normal dan mendidik diri sendiri adalah cara yang bagus untuk mengimbangi kecemasan tersebut. Usahakan untuk tetap mendapat informasi dari sumber yang terpercaya soal virus corona di sekitar wilayah Anda.

Baca selengkapnya di artikel “Berapa Jarak yang Aman dalam Social Distancing untuk Cegah Corona?”, https://tirto.id/eJVK

Melakukan social distancing atau membatasi jarak fisik bukan berarti tidak melakukan kontak sosial. Dengan bantuan teknologi, kita masih dapat terhubung dengan orang lain, rekan kerja, hingga belajar dengan teman-teman kelas melalui pembelajaran daring.

Baca selengkapnya di artikel “Berapa Jarak yang Aman dalam Social Distancing untuk Cegah Corona?”, https://tirto.id/eJVK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top